Kamis, 30 April 2020

Ilmuan sebut Covid-19 merupakan penyakit dengan seribu wajah, apa maksudnya?


Data per tanggal 29 April 2020, jumlah perkara pasien yang terverifikasi positif Covid-19 di pelosok dunia udah meraih 3, 14 juta orang, dan juga meraih angka 9. 771 orang di Indonesia. Virus corona SARS-CoV-2 sebagai yang memicu Covid-19 disebut yaitu penyamar yang ulung dan juga penyakit seribu muka. Masalah ini diungkapkan oleh Motivator Kesehatan, Dr Handrawan Nadesul. 

" Covid-19 ini dimaksud penyamar yang ulung. Dahulu tanda-tandanya dikatakan menyerupai flu, namun tak selamanya detail seperti flu. Tak sesuai itu nyatanya, " kata Han dalam bercakap enteng bincang buku Yang Baru Ihwal Covid-19 di Live Instagram @bukukompas, Selasa (28/4/2020). 

Covid-19 ini mengakibatkan reaksi badan yang berlainan pada tiap-tiap orang. Sejumlah orang rasakan rintihan atau tanda-tanda yang sangatlah berat atau urgent, berat, tengah, enteng, dan juga bahkan juga tak berada pula yang tak merasakan tanda-tanda sekalipun. " Kita menganggapnya ia (satu orang) itu normal (sehat), dan juga kita mendekatinya. Namun nyatanya ia dapat positif tertular Covid-19 ini, " papar ia. 

Dipaparkan oleh Han pula kalau Covid-19 ini dimaksud penyakit seribu muka, lantaran tanda-tanda yang beraneka dan juga dari nampak dari beragam organ badan. Covid-19 sampai kini diketahui bukan sekedar menjangkiti aliran pernafasan, akan tetapi beberapa anggota badan yang punyai reseptor ACE2 bisa tertular virus SARS-CoV-2 ini. 

" Mungkin tanda-tandanya seperti diare. Namun, orang itu hingga sampai diarenya terlalu berlebih, nyatanya ia mengenai (tertular) virus (SARS-CoV-2), " ujarnya. 

Tanda-tanda diare yang muncul jadi bentuk reaksi infeksi Covid-19 ini berarti problem pada pencernaan. Problem lain juga dapat berlangsung pada selaput radang otak yang rata-rata dijuluki dengan meningitis. 

Han menyampaikan, berada pasien yang sebelumnya dikira meningitis, lantaran tanda-tandanya menyerupai dengan meningitis. Nyatanya malahan pasien itu tertular Covid-19. Berada juga beraneka tanda-tanda atau rintihan pada organ yang lain tidak cuman aliran pernafasan yang telah banyak diadukan oleh pasien positif Covid-19 dari pelosok dunia. 

Guna diketahui, badan manusia punyai reseptor ACE2 jadi inang virus corona style SARS-CoV-2 berada di banyak organ sebagaimana berikut : 

- Mukosa oral dan juga nasal Nasofaring 

- Paru Lambung 

- Usus halus 

- Usus besar 

- Kulit 

- Limfe 

- Timus 

- Sumsum tulang 

- Limpa 

- Hati 

- Ginjal 

- Otak 

- Sel epitel (paru, alveolar paru, usus halus) 

- Sel otot polos 

- Sel enterosit usus halus 

- Sel endotelarteri vena 

Oleh karena itu, Han memperingatkan, sekurang-kurangnya kalau Anda punyai problem atau rintihan seperti infeksi virus corona yang sebabkan Covid-19, baiknya aplikasikan limitasi jarak aman. Pakai masker, rajin basuh tangan, dan juga basuh apapun yang digunakan waktu ada di luar rumah sebelum bercengkerama dengan keluarga biar lolos dari Covid-19. 

Tidak ada komentar:
Write komentar