Saturday, May 2, 2020

Bernard Baruch yang Memunculkan istilah "Perang Dingin"

Multijutawan dan pemodal Bernard Baruch, dalam pidato yang diberikan selama pembukaan  di House of Representative South Carolina , memunculkan istilah "Perang Dingin" untuk menggambarkan hubungan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet . Ungkapan itu menjadi populer, dan selama lebih dari 40 tahun itu menjadi andalan dalam bahasa diplomasi Amerika.

Baruch telah melayani sebagai penasihat presiden dalam informasi-info kebijakan ekonomi & luar negeri sejak zaman Woodrow Wilson . Pada tahun 1919, beliau merupakan salah satu penasihat AS pada Konferensi Perdamaian Paris yang mengakhiri Perang Dunia I . Selama tahun 1930-an, dia sering menyarankan Franklin D. Roosevelt dan anggota Kongres tentang keuangan internasional & kasus kenetralan. Setelah Perang Dunia II, beliau permanen sebagai penasihat tepercaya buat pemerintahan baru Harry S. Truman. Pidatonya dalam April 1947, bagaimanapun, diberikan pada konteks yang sama sekali tidak selaras. Sebagian akbar tamu mengharapkan bahwa dia akan memberikan ceramah singkat, tetapi Baruch malah meluncurkan agresi terik pada kasus buruh industri di negara tersebut. Hanya melalui "persatuandanquot; antara buruh & manajemen, beliau menyatakan, bahwa Amerika Serikat bisa berharap untuk memainkan kiprahnya menjadi kekuatan utama yg dengannya "dunia dapat memperbarui dirinya secara fisik atau spiritual." Dia menyerukan buat bekerja lebih lama , tidak- terdapat janji pemogokan dari serikat pekerja, & janji nir ada pemberhentian sepihak pekerja dari manajemen. Sangat penting bahwa bisnis dan industri Amerika menarik diri bersama, Baruch memperingatkan. ?Janganlah kita tertipu-kita saat ini di tengah-tengahperang dingin. Musuh kita wajib ditemukan di luar negeri dan pada rumah. Janganlah kita melupakan ini: Keresahan kita adalah jantung dari kesuksesan mereka. Kedamaian dunia adalah asa dan tujuan dari sistem politik kita; itu adalah keputusasaan dan kekalahan berdasarkan mereka yang melawan kita. Kita hanya mampu bergantung dalam diri kita sendiri. ?

Istilah "Perang Dingin" secara langsung dianut sang surat liputan & majalah Amerika menjadi deskripsi yang tepat mengenai situasi antara Amerika Serikat & Uni Soviet: perang tanpa konfrontasi atau pertumpahan darah, tetapi pertempuran permanen saja terjadi.

Sumber: History.Com

No comments:
Write comments