Thursday, June 18, 2020

P-51 Mustang

P-51 mustang adalah pesawat pengintai jarak jauh, dan fighter-bomber milik Amerika Serikat yang dibentuk sang NAA (North America Aviation). Pertama kalinya digunakan sang Inggris di "Battle of Britain", pesawat ini adalah varian lisensi dari P-40 milik Amerika yang digunakan oleh RAF memakai kode "Mustang MK.Idanquot;

Dipersenjatai dengan senapan mesin 6X12,7mm AN-dua, menggunakan tambahan optional 6 hingga 10 HVAR, & 1x450kg bom, pesawat ini mampu menjadi High Altitude Fighter atau bahkan Close Air Support yg membuatnya sangat flexibel dalam pertempuran.

Memiliki kecepatan sampai 708km/jam & jarak maksimum 2.655km, pesawat ini juga sanggup menjadi Long Range Escort bagi Pesawat-pesawat pengbom milik sekutu misalnya B-25,B-17, atau bahkan B-29.

Pada awal pembuatannya, P-51 dibutuhkan karena Inggris memiliki kesulitan pada mensuplai RAF memakai pesawat-pesawat yang mempunyai kapasitas buat sebagai pesawat ketinggian tinggi menggunakan jarak jauh bagi operasi Sekutu pada Eropa. Dibuat dengan dasar airframe berdasarkan P-40 Curtis, pesawat ini awalnya mempunyai performa buruk pada ketinggian tinggi lantaran mesin yang kurang mumpuni pada ketinggian tinggi (MK.I).

Belajar dari kesalahan itu, Amerika dan Inggris mulai mengubah mesin pesawat dengan menaruh  Packard V-1650-7, mesin lisensi dari Rolls-Royce Merlin 66 inggris yang menghasilkan varian Mustang baru yaitu P-51D (Definitive) yang dapat menghadapi pesawat Luftwaffe seperti Bf-109 dan Fw-190 pada ketinggian tinggi bahkan pesawat yang sangat maju pada masanya "ME-262" ada yang dapat dijatuhkan oleh P-51 ini

Sumber: OA Historypedia Line

Bourbon

No comments:
Write comments