Monday, July 13, 2020

15 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Paling Populer Dan Patut Dicoba

Kuliner NTT - Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia  yang ibu kotanya berada di Kupang serta mempunyai 22 Kabupaten/Kota. Sama halnya dengan Nusa Tenggara Barat, NTT adalah provinsi yang sebagian besarnya adalah kepulauan. Tiga pulau utama di wilayah NTT adalah pulau Sumba, pulau Timor bagian barat dan pulau Flores.

Dengan banyaknya pulau yang ada di NTT tentunya semakin banyak pula ragam kuliner yang tersebar di Seluruh wilayah NTT tersebut. Untuk referensi sahabat sekalian dalam menikmati  atau mencari daftar kuliner NTT,  berikut Abang Nji informasikan 15 Makanan/Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur Paling Populer Dan Patut Dicoba.

1. Kolo (Nasi Bambu)

Sumber: www.Instagram.Com

Makanan khas berikutnya menurut Nusa Tenggara Timur adalah kolo. Kolo atau dikenal jua menggunakan nasi bambu adalah makanan yang dimasak dengan bambu. Saat membuat kolo ini dibutuhkan setidaknya bambu menggunakan berukuran 30 cm, bumbu masakan dan paling utama adalah beras.

Untuk membuatnya makanan ini cukup gampang untuk dilakukan. Pertama, masukan beras, bumbu dan air ke pada bambu. Setelah itu pada ujung bambu ditutup memakai daun pisang dan dibakar hingga matang menggunakan waktu 1/2 jam.

Kolo umumnya dihidangkan ketika syukuran panen dan pula menjadi sajian primer ketika acara syukuran disaat awal pergantian tahun atau tahun baru.

2. Jagung Catemak

Sumber: www.Instagram.Com

Salah satu makanan khas dari Nusa Tenggara Timur adalah jagung catemak. Makanan ini adalah olahan makanan yang berbahan dasar biji jagung yang dipadukan dengan kacang tanah, sayur-sayuran dan juga kacang hijau. Jagung catemak memiliki rasa yang gurih bercampur asin serta khasiat yang luar biasa untuk  kesehatan.

Makanan ini pada dalamnya tekandung Vitamin B kompleks yg berfungsi menjaga kesehatan saraf. Selain itu kuliner ini mempunyai manfaat lain misalnya menjaga kulit supaya permanen kencang, menambah darah dan jua memperlancar pencernaan.

3. Jagung Bose

Sumber: www.Instagram.Com

Jagung merupakan salah satu kuliner pokok pada Nusa Tenggara Timur. Jagung pada daerah Kupang dijadikan menjadi galat satu bahan dasar pembuatan kuliner atau kuliner yg lezat yaitu jagung bose.

Jagung bose atau disebut juga bubur jagung sangatlah digemari rakyat Kupang karena cita rasanya yg gurih serta bisa mengenyangkan seperti halnya nasi. Bahan dasar pembuatan kuliner ini sangatlah mudah buat didapat, antara lain kacang merah, santan, labu anggun & paling primer merupakan jagung.

Jagung bose ini sangatlah pas dinikmati beserta ikan bakar, tumis pepaya & lauk pauk lainnya lantaran memang jagung bose ini dapat dijadikan sebagai pengganti nasi menjadi kuliner pokok khusunya di Nusa Tenggara Timur.

4. Ikan Kuah Belimbing

Ikan kuah belimbing, berdasarkan namanya saja kita telah tau bahwa makanan ini memiliki rasa yg asam segar ketika dinikmati karena kuah yang digunakan berbahan dasar belimbing.

Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan yakni ikan tongkol dan pula belimbing. Untuk rasa, selain asam pula memiliki cita rasa yang pedas. Dengan cita rasa pedas yang bercampur asam tetapi segar pastinya anda akan mencicipi sensasi yang luar biasa waktu menikmati makanan yg satu ini.

Saat jam makan tiba, hidangan ikan kuah belimbing sangat pas di santap beserta nasi & tentunya momen anda saat makan akan lebih bermakna menggunakan sajian yang enak satu ini.

Lima. Sambal Ikan Teri

Indonesia adalah negara yg memiliki berbagai macam kuliner khas dan populer akan kekuatan bumbu rempah-rempahnya. Salah satunya merupakan sambal ikan teri. Berbicara mengenai sajian berupa sambal pastinya nir tanggal berdasarkan cita rasa pedas ketika menyantapnya.

Sambal ikan teri spesial Nusa Tenggara Timur ini sangat pas bagi anda yang menyukai ikan teri serta makanan yang pedas. Saat menikmati makanan ini, anda akan merasakan gurihnya ikan teri bercampur pedas yang asal menurut sambal spesial NTT ini.

Agar kesukaan makan anda semakin meningkat ketika mencoba kuliner ini, saya sarankan anda menikmatinya bersama dengan nasi hangat dan lalapan. Anda juga mampu menikmati kuliner ini dengan tambahan lauk seperti ayam goreng. Dengan kuliner pelengkap tersebut beserta sambal ikan teri, makan siang ataupun malam anda menjadi lebih nikmat.

6. Sayuran Rumpu Rampe

Makanan yg nir kalah lezatnya dari NTT adalah sayuran rumpu rampe. Makana yg satu ini secara tampilan sangat mirip menggunakan lawar singkong, yg membedakannya terletak pada bahan dan bumbunya.

Rumpu rampe adalah olahan kuliner yang berbahan dasar sayuran misalnya buah pepaya, daun pepaya, jantung pisang dan juga bunga pepaya. Makanan ini awalnya dari berdasarkan Flores & kini sudah menyebar ke seluruh daerah NTT.

Kata rumpu rampe sendiri bukan hanya sekedar nama akan namun mempunyai arti yang krusial. Nama rumpu rampe mempunyai arti banyak, beragam & ramai. Makanan ini memiliki kumpulan rasa getir dari daun, buah & bunya pepaya dan jantung pisang.

Rasa gurih yang asal berdasarkan udang rebon dan pedas yg berasal berdasarkan cabe rawit juga cabai merah. Dengan kumpulan rasa yang luar biasa, maka lumrah saja bila kuliner yang satu ini sebagai favorit masyarakat NTT.

7. Se'i (Daging Sapi Asap)

Sumber: www.Instagram.Com
Saat berkunjug ke Nusa Tenggara Timur atau lebih tepatnya Kupang, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas dari Kupang yaitu se’i. Se,i atau daging api asap adalah makanan khas dari NTT yang bahan dasar pembuatannya yakni daging sapi.

Proses pembuatan kuliner yang satu ini dengan cara dibumbui & diasap menggunakan tujuan supaya daging bisa disimpan lebih lama . Penamaan se?I sendiri pada awalnya asal berdasarkan bahasa pulau Rote yang memiliki arti daging tipis yg diiris secara memanjang. Sebelum dihidangkan se?I mampu diolah kembali sinkron dengan kesukaan masing-masing.

Untuk tahapan pembuatannya terlebih dahulu daging diiris memanjang dan dilumuri menggunakan garam. Setelah itu, daging digantung beberapa jam menggunakan tujuan buat mengeringkan kandungan air pada daging. Selain memakai garam pembuatan se?I ini jua memakai daun kesambi yg berfungsi sebagai penyaring panas dan asap. Dengan penggunaan daun kesambi ini daging yang diasapi juga terjaga aroma dan warnanya.

8. Tumis Bunga Pepaya

Sumber: www.Instagram.Com

Provinsi Nusa Tenggara Timur sahih-sahih daerah yang memanfaatkan output alam yang diolah sebagai berbagai macam kuliner, salah satunya adalah tumis bunga pepaya. Untuk memasak pepaya memang sedikit sulit. Hal ini dikarenakan bunga pepaya yang memiliki rasa getir. Akan namun menggunakan pengolahan yg benar bunga pepaya dapat menjadi lauk yg enak yang dapat dinikmati bersama nasi.

Cara terbaik untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya adalah dengan cara dioseng atau tumis kering menggunakan bumbu spesial NTT yang mempunyai cita rasa cantik dan jua pedas sebagai akibatnya dapat menutupi rasa getir yang asal menurut bunga pepaya itu sendiri.

9. Jawada

Setiap daerah tidak terkecuali NTT memiliki berbagai macam kuliner khas. Kuliner NTT berikut dikenal dengan nama jawada atau kue rambut. Kue ini berwarna cokelat keemasan dengan bentuk segitiga. Kue rambut yang lebih dikenal dengan jawada ini tentunya mempunyai aroma yang sangat khas yang berasal dari campuran antara aroma tepung dan digoreng dengan wangi gula merah.

Jawada adalah makanan atau cemilan kue khas pulau Alor dan pulau Flores yang seringkali dihidangkan ketika acara norma ataupun acara-program besar lainnya. Jawada dibuat menggunakan bahan-bahan seperti gula aren, tepung beras, santan, garam, minyak & pula air nira.

Untuk membuat kudapan manis ini, hal yg wajib diperhatikan yaitu saat menggoreng minyak harus panas dan pada jumlah yg poly.

10. Muku Loto

Muku loto adalah kuliner khas daerah Nagekeo yang berada pada pulau Nusa Tenggara Timur. Muku loto sudah terdapat sejak zaman dahulu yg biasanya dihidangkan pada program tata cara ataupun program-program akbar pada Nagekeo. Muku loto sendiri sangat disukai oleh warga Nagekeo, lantaran selain cita rasanya yang lezat & enak bahan standar pembuatan makanan ini cukup gampang buat didapat.

Penamaan muku loto sendiri berasal berdasarkan istilah muku yang berarti pisang & loto yg berarti hancur. Muku loto sendiri terbuat menurut bahan-bahan berupa buah pisang muda, batang pisang dan juga daging sapi. Untuk menciptakan kuliner ini terlebih dahulu kupas pisang belia dibagian luarnya, sesudah itu dipotong kecil-mini dengan berukuran yang lebih kurangnya 3 centimeter.

Terakhir, pisang & daging sapi yang sudah dicincang halus direbus dalam wajan & diaduk sampai tekstur pisang dan daging sebagai lembut & warnanya berubah menjadi keabu-abuan.

11. Manggulu

Manggulu merupakan kuliner yang sangat populer di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan lebih khususnya pada Kabupaten Sumba Timur. Bagi rakyat Sumba Timur sendiri, manggulu bukan hanya sekedar makanan biasa akan namun sebagai peninggalan leluhur mereka yg sangat berharga dan patut dijaga.

Dikarenakan manggulu merupakan peninggalan leluhur, makanan ini memiliki sejarah yang sangat mendalam. Makanan ini sangat disukai sang orang Belanda karena cita rasanya yang anggun, mudah waktu dibawa dan dapat menahan lapar.

Manggulu terbuat berdasarkan bahan utama yaitu pisang yg sudah mengalami proses pengeringan dengan cara dijemur pada bawah terik sinar matahari.

12. Lawar Ikan

Nusa Tenggara Timur jua terkenal akan sajian lautnya menjadi keliru satu makanan khas. Tekhnik pengolahan yg berbeda-beda berakibat sajian laut NTT terasa tidak sinkron dengan masakan lainnya.

Lawar ikan merupakan salah satu kuliner khas NTT. Sajian ini berbahan dasar ikan teri yang diproses menggunakan cara direndam perasan jeruk nipis. Biasanya bahan dasar ikan teri dicampur menggunakan daun kemangi, daun dan cabai. Agar sajian ini menjadi lebih nikmat lawar ikan umumnya tersaji dengan jagung bose. Dengan kumpulan ini tentunya membuat pengecap kita seraja dimanja sang kuliner spesial NTT ini.

Apabila kita tidak suka menggunakan gugusan antar lawar ikan & jagung bose, kita sanggup mengantikannya dengan nasi. Tentunya perpaduan ikan lawar dan nasi nir kalah nikmatnya. Lawar ikan dihidangkan dengan syarat yang masih mentah, akan namun jika dioalah menggunakan sahih dan deretan rasa antara asin dan asam dapat menghilangkan bau amis berdasarkan sajian ini.

13. Lawar Ayam

Sumber: www.Instagram.Com

Selain lawar ikan NTT juga memiliki makanan khas lainnya yaitu lawar ayam. Lawar ayam ini memiliki kesamaan dengan oseng-oseng suwiran daging ayam. Cara pengolahannya sendiri suwiran ayam dipadukan dengan  bumbu rempah-rempah yang membuat makanan yang satu ini memiliki rasa yang khas dan nikmat. Rasa masakan ini perpaduan antara rasa gurih, nikmat dan tentunya tidak ketinggalan rasa pedas yang menambah selera makan.

14. Sambal Luat

Nampaknya NTT merupakan salah satu provinsi yg kaya akan menggunakan kuliner yang bercita rasa pedas yang keliru satunya adalah sambal luat. Masakan yang satu ini merupakan kuliner khas NTT yg memadukan antara aroma yang kuat serta rasa yang pedas.

Sebagian orang percaya jika sambal luat memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu melancarkan peredaran darah. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai masakan yang satu ini. Hal yang mendasari kenapa sambal luat bisa melancarkan peredaran  darah karena terdapat bahan dasar yaitu daun kemangi. Daun kemangi sendiri memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat dalam merilekskan jantung.

15. Jagung Titi

Sumber: www.Instagram.Com

Terakhir merupakan jagung titi. Jagung titi mempunyai rasa yang khas dimana cita rasanya nir terlalu asin serta tidak pula terlalu cantik serta permanen renyah & legit tentunya.

Makanan satu ini memang menjadi favorit masyarakat NTT  khususnya daerah pulau Adonara, Solor dan Flores Timur Daratan. Bagaimana tidak menjadi favorit, disana makanan ini dijadikan sebagai makanan pokok dan juga dijadikan sebagai simbol pangan lokal.

Apabila anda ingin mencicipi jagug titi ini umumnya lebih nikmat dimakan bersama kacang tanah goreng. Selain itu kalian jua mampu menjadikan buah kenari menjadi campuran berdasarkan jagung titi ini.

Itulah sekilas informasi mengenai 15 Makanan/Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur Paling Populer Dan Patut Dicoba. Selain 15 makanan ini tentunya masih poly kuliner khas NTT lainnya yg tidak bisa dijelaskan lantaran keterbatasan warta menurut penulis. Semoga artikel ini sebagai surat keterangan bagi teman sekalian dalam mencari kuliner spesial NTT saat berkunjung ke sana.

Semoga Bermanfaat.

No comments:
Write comments