Sunday, July 19, 2020

17 Makanan Subang Paling Lezat dan Terkenal

Makanan Subang - Subang adalah sebuah kecamatan yang merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Subang terkenal dengan berbagi macam hasil buah dan kelezatan makanannya dan yang paling terkenal dari kota subang adalah nanas simadu karena jenis nanas ini tidak dihasilkan ditempat lain, nanas simadu dari kota subang ini bisa anda konsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan yang lezat.

Selain olahan menurut nanas, Kota Subang tentunya mempunyai kekayaan kuliner ataupun masakan lainnya & untuk lebih lengkapnya dibawah ini aku akan menginformasikan pada anda 17 kuliner menurut subang yang paling lezat dan populer.

1. Peuyeum Ketan

Sumber: dede92kuningan.blogspot.co.id

Makanan dari kota subang yang pertama adalah peuyeum atau biasa diklaim tape ketan. Makanan ini terbuat berdasarkan singkong yg dicampur dengan beras ketan yg lalu dibungkan menggunakan daun. Untuk lebih nikmatnya makanlah peuyeum ketan dengan es campur atau minuman lainnya yg engkau sukai.

2. Dodol Nanas

Sumber: @lina_liem10 Via Instagram

Dodol merupakan makanan khas dari sunda yang sangat terkenal bahkan pada seluruh indonesia, akan namun subang memiliki dodol yang inheren kepada Kabupaten Subang yaitu dodol nanas. Untuk pembuatannya nanas yang telah diparut lalu dicampur dengan tepung ketan dan gula.

3. Keripik Nanas

Sumber: tokomesin.com

Salah satu makanan berdasarkan subang yg populer selanjutnya merupakan keripik nanas. Biasanya rakyat subang memakai jenis nanas simadu buat membuat keripik nanas ini, untuk rasa keripik nanas tidak kalah menurut jenis keripik lainnya lantaran keripik ini sangatlah lezat & legit.

4. Coklat Nanas

Sumber: kotasubang.com

Kota Subang memanglah sangat terkenal dengan olahan hasil nanasnya, tidak mengherankan karena kota ini penghasil nanas terbaik se-indonesia dan nanas unggulan dari kota ini adalah nanas simadu.  Selain keripik dan dodol kota subang juga memiliki makanan yang terbuat dari nanas lainnya yaitu coklat nanas, untuk rasa makanan yang satu ini jangan ditanya karena memiliki rasa yang unik yaitu perpaduan rasa manis dari coklat dan asam dari nanas. Jika kamu sedang berkinjung kekota subang jangan lupakan dodol nanas untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

5. Bubuy Ayam Subang

Sumber: wartakini.co

Makanan kota subang berikutnya adalah bubuy ayam yang dapat kamu temukan di rumah makan  D’Bubuy Ma’Atik yang sudah sangat terkenal dikota subang karena memiliki rasa yang begitu nikmat. Untuk pengolahannya sama saja seperti pepes pada umumnya, tetapi memiliki sedikit perbedaan yaitu pada pengolahannya dengan cara direndam dalam bara abu yang sangat panas dengan waktu kurang lebih 5-10 jam.

6. Ikan Lapan Crispy

Sumber: kotasubang.com

Pada Kota Subang tepatnya di Daerah Pantura ada makanan yg biasa dibeli sang para wisatawan yang berkunjung ke Kota Subang yaitu Ikan Lapan Crispy. Di Daerah Pantura tadi Ikan Lapan Crispy dibuat sang Kelompok Mina Jaya, kuliner ini umumnya dijadikan olahan masakan dengan variasi rasa yg majemuk yaitu original, keju, balado dan barbeque.

7. Nanas Simadu

apabila berdasarkan tadi saya mengungkapkan tentang olahan dari nanas, maka nir keliru apabila aku memasukan nanas simadu sebagai galat satu kuliner khas menurut Kota Subang ini lantaran dapat kamu makan langsung dan merasakan segar dan legitnya rasa berdasarkan nanas simadu ini. Jika engkau ingin membeli nanas yg satu ini kamu dapat menemukannnya pada jalan cagak.

8. Keripik Nangka

Sumber:  @dinashiddiq Via Instagram

Kota Subang juga memiliki makanan khas lainnya yaitu keripik nangka, perbedaan keripik nangka subang dengan keripik  lain yaitu keripik nangka di Kota Subang dimasak menggunakan alat khusus sehingga nutrisi dari nangka tetap terjaga, dimana cara penggorengannya menggunakan minyak nabati sehingga terbebas dari kolestrol jahat yang dapat membahayakan tubuh dan tentunya makanan yang satu ini dijamin sehat.

9. Delipel

Makanan spesial berdasarkan kota subang berikutnya merupakan Delipel yg adalah singkatan menurut "Delicious Pineappledanquot;. Untuk menemukan kuliner yg satu ini anda dapat menemukannya di sentra kota wisma karya, di wilayah tadi poly dijual Delipel & makanan khas subang lainnya terutama makanan olahan berdasarkan nanas.

Jika anda berkunjung ke Kota Subang jadikan Delipel ini menjadi keliru satu sang-oleh buat keluarga anda, akan tetapi anda wajib memesannya terlebih dahulu supaya tidak kehabisan stok, karena banyak sekali yang mencari Delipel ini lantaran rasanya yg enak serta adalah makanan dari Kota Subang yang khas.

10. Abon Jantung Pisang

Makanan yang satu ini merupakan kreatifitas dari ibu-ibu yang ada di Desa Cisaat, Kabupaten Subang. Ibu-Ibu dari desa tersebut  memanfaatkan jantung pisang sebagai bahan utama untuk dijadikan abon. Tentunya sangat jarang sekali kita temukan abon dari jantung pisang ini, oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan anda untuk berburu makanan yang satu ini jika sedang berada di Kota Subang karena anda sangat sulit menemukan di daerah lain bahkan tidak ada. Menurut kebanyakan orang yang mengkonsumsi abon dari jantung pisang ini abon tersebut dapat mengobati sakit perut.

11. Gepuk

Setiap daerah memiliki keunikan & kekhasan masing-masing begitu pula dengan Kota Subang terutama dengan kulinernya. Jika Sumatera Barat memiliki rendang yg sangat populer, Jawa Barat tentunya nir mau ketinggalan karena jawa barat memiliki gepuk yang merupakan makanan yg hampir mirip menggunakan rendang yang berada pada Kota Subang.

Untuk menerima gepuk terbaik anda wajib merasakan gepuk yang sangat terkenal didaerah Cisalak yg diproduksi Ligar Sudrajat yaitu Gepuk Warisan Nini lantaran resep berdasarkan gepuk ini diturunkan berdasarkan nenek moyang terdahulu. Hal menarik lainnya menurut gepuk ini selain resepnya berdasarkan nenek moyang, gepuk ini dibuat menggunakan rempah-rempah alami terbaik tanpa penyedap rasa & pengawet. Bagaimana? Anda tertarik buat merasakan kuliner yg satu ini.

12. Gitrek

Kota Subang pula memiliki masakan khas lainnya yaitu Gitrek. Gitrek merupakan makan yg terbuat menurut olahan singkong yg mempunyai aroam kencur. Untuk mencari kuliner yang satu ini anda dapat mencarinya di Daerah Kasomalang Kulon, Kabupaten Subang. Untuk cara pembuatannya sendiri tidaklah terlalu sulit, dimana buat membuatnya anda hanya memeras saripati singkong, kemudian dicampur menggunakan tepung kanji dan rempah-rempah.

13. Oncom Dawuan

Makanan khas dari Kota Subang satu ini bernama Oncom Dawuan. Perlu anda ketahui bahwa oncom dawuan diproduksi di wilayah dawuan yang berjarak lebih kurang 10 km menurut sentra Kota Subang sendiri, dan usahanya telah dirintis sejak tahuan 1960. Oncom Dawuan memakai kualitas kacang tanah terbaik lantaran sangat berpengaruh terhadap rasa berdasarkan oncom itu sendiri, semakin baik kualitas kacang tanah maka semakin nikmat rasa berdasarkan oncom dawuan ini.

14. Kerupuk Miskin

Makanan ini diberi nama Kerupuk Miskin karena buat pembuatannya kerupuk digoreng tanpa menggunakan minyak melainkan memakai pasir yang sudah dicuci higienis. Apabila anda pencinta kerupukin jangan takut buat merasakan kuliner yang satu ini lantaran cita rasanya sangat gurih & tentu bebas kolestrol karena nir digoreng menggunakan menggunakan minyak misalnya kebanyakan kerupuk dalam umumnya.

15. Nasi Liwet

Sumber: selerasa.com

apabila anda sedang berada pada Kota Subang jangan pernah melewatkan buat mencicipi nasi liwet yang enak. Untuk mencarinya anda tidak perlu buat bersusah payah, karena poly pedagang nasi liwet yang berjualan pada sekitar Kota Subang. Untuk nasi liwet yang paling populer, anda sanggup mencari Saung Liwet Kang Nana yang berlokasi pada Jalan Raya Subang-Pamanukan KM 03, tepatnya berada pada Desa Sukamelang.

Di  Saung Liwet Kang Nana tersebut anda akan disajikan nasi liwet yang didampingi dengan lauknya yang gurih seperti bebek, ayam, nila, gurame dan lauk lainnya yang dapat anda pilih sesuai pilihan anda. Untuk menambah kelezatan dari nasi liwet dan lauknya biasanya juga dihidangkan lalapan segar serta sambal yang dapat memanjakan lidah anda.

16. Rambutan Kalijati

Sumber: plus.Google.Com

apabila sebelumnya aku menjelaskan butir nanas simadu menjadi galat satu kuliner paling populer menurut kota subang, maka kali ini saya akan menginformasikan keliru satu jenis buah lokal lainnya dari kota subang yaitu rambutan kalijati. Untuk pemasaran buah rambutan kalijati ini tentunya mampu menggeser dominasi pasar butir impor di sejumlah pusat penjualan buah-buahan. Areal terbesar perkebunan buah rambutan kalijati ini hanya ada di tiga kecamatan yakni Kalijati, Purwadadi dan Cipeundeuy.

17. Tutut Soding

Sumber: tubestream.Tv

Tutut Soding adalah makanan yg berbahan dasar keong yg biasanya di terdapat disawah-sawah. Selain cita rasanya yang lezat tutut ini jua memiliki kandungan protein yg tinggi sebagai akibatnya sangat mengagumkan dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Cara memasak dari tutut soding ini sangatlah sederhana, anda hanya perlu memasak tutut yang telah dicampur dengan bumbu seperti sereh, gula merah, asam jawa, kunyit,  garam, laos, cabai serta jahe dengan waktu kurang lebih selama 20 menit dan setelah itu, tutut pedas Soding sudah dapat anda nikmati.

Bagaimana menggunakan 17 kuliner kota subang yg saya informasikan, apakah anda tertarik untuk mencicipinya ? Tentu saja bukan. Itulah 17 makanan Kota Subang paling enak dan populer yg aku informasikan buat anda, apabila terdapat saran buat artikel ini silahkan tulis dikolom komentar dan jangan lupa untuk mengikuti blog ini buat mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya yang saya informasikan buat anda.

Semoga Bermanfaat.

No comments:
Write comments