Friday, July 10, 2020

17 Wisata Gunung Jawa Timur Surganya Para Pendaki

Gunung Jawa Timur -Jawa Timur adalah provinsi yang letaknya di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kota Jawa Timur terletak di Surabaya, Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki pegunungan yang memiliki ketinggian yang melebihi provinsi lainnya. Bentang alam Pegunungan yang dimiliki Jawa Timur sangat indah dan menakjubkan. Pada waktu yang lalu saya telah menginformasikan 15 gunung di Jawa Tengah surga bagi para pendaki, kali ini saya akan memperkenalkan dan menjelaskan 17 gunung dijawa timur paling keren.

1. Gunung Bromo

Sumber: paketwisatabromo.com

Ketinggian: dua.392 MDPL

Gunung Bromo dari dari bahasa Sanskerta yaitu Brahma, keliru seseorang Dewa Utama dalam kepercayaan Hindu, gunung bromo termasuk salah satu gunung berapi aktif pada Jawa Timur, Indonesia.

Gunung ini berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, & Kabupaten Malang. Gunung Bromo termasuk keliru satu wisata yang menarik pada Jawa Timur lantaran statusnya menjadi gunung berapi yang statusnya masih aktif dan Gunung Bromo masih termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Bromo termasuk gunung yang sangat gampang untuk dilakukan pendakian sehingga poly orang sanggup menikmati panorama gunung berapi, galat satu panorama luar biasa yaitu kawahnya atau menikmati panoramanya waktu surya terbit di Bukit Pananjakan. Gunung Bromo seringkali dilakukan ritual Yadnya Kasada tiap tahun, karena gunung ini dianggap kudus oleh suku Tengger.

2. Gunung Ijen

Sumber: www.instagram.com

Ketinggian: 2.443 MDPL

Gunung Ijen ketika ini termasuk kategori gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Dalam tahun 1999 gunung ini pernah meletus & letusan tersebut adalah letusan terakhir sampai ketika ini. Untuk Pendakian kepuncak Gunung Ijen kita bisa melewati Banyuwangi ataupun menurut Bondowoso menggunakan titik start Pos Paltuding menggunakan saat pendakian 2,5 jam.

Gunung Ijen menggunakan kaldera yang terletak pada puncaknya menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pendaki sebagai akibatnya pantas jika gunung ini termasuk kategori gunung favorit buat didaki. Selain kawahnya kita jua bisa menemukan keunikan alam lainnya berupa blue fire alias barah biru yang sangat keren dan indah. Fenomena alam ini tentunya tidak mampu kita jumpai ditempat lain selain Gunung Ijen.

3. Gunung Kelud

Sumber: www.instagram.com

Ketinggian: 1.731 MDPL

Gunung Kelud  adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang tergolong aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, serta Kabupaten Malang, dengan posisi 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

Selain Gunung Merapi, Gunung Kelud termasuk salah satu gunung berapi paling aktif pada Indonesia dari tahun 1000 M, kelud menggunakan letusan paling akbar dengan kekuatan lima Volcanic Explosivity Index (VEI). Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014.

Pendakian ke zenit Gunung Kelud bisa dilakukan baik melalui Kediri juga Blitar. Jika kalian ingin menerima tantangan lebih pada menikmati keindahan alamnya usahakan kamu mendaki menurut basecamp desa Tulungrejo pada Blitar. Dengan suhu punck yg panas penulis menyarankan pendakiuntuk membawa air yg cukup.

4. Gunung Arjuno

Ketinggian: tiga.339 MDPL

Gunung Arjuno adalah sebuah gunung berapi kerucut pada Jawa Timur, Indonesia. Gunung Arjuno berada di perbatasan antara Kota Batu, Kabupaten Malang, & Kabupaten Pasuruan serta berada di bawah naungan pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno adalah gunung dengan ketinggian paling tinggi  ketiga di provinsi Jawa Timur setelah Gunung Raung dan gunung Semeru serta menjadi gunung yang paling tinggi ke empat Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan juga Gunung Raung, serta menjadi gunung yang memiliki tinggi paling tinggi ke empat di Pulau Jawa. Nama Arjuno berasal dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna.

Terdapat 4 jalur yang bisa engkau lalui buat mendaki ke 2 Gunung ini yaitu jalur Tretes dan jalur Lawang Purwosari berdasarkan kota Batu. Tiap jalur punya daya tariknya sendiri. Jalur Tretes Meski jalur ini berat, akan tetapi punya sumber air yg melimpah.

5.  Gunung Penanggungan

A Photo by @basyirotulcholisa Via Instagram

Ketinggian: 1.653 MDPL

Gunung Penanggungan dahulu dikenal menggunakan nama Gunung Pawitra merupakan gunung berapi kerucut yang terletak pada Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten Mojokerto & Kabupaten Pasuruan yg berjarak kurang lebih 55 km dari Surabaya adalah posisi gunung ini berada.

Gunung Penanggungan sering disebut menjadi miniatur dari Gunung Semeru, karena hamparan puncaknya yg sama-sama masih ada pasir & batuan yg luas. Orang Jawa Kuno mempunyai kepercayaan bahwa Gunung Penanggungan merupakan salah satu bagian zenit Mahameru yg dipindahkan sang penguasa alam.

Berdasarkan sejarah, gunung ini memiliki nilai yg krusial. Pada lereng Gunung ini dapat ditemukan aneka macam peninggalan purbakala baik itu pertapaan, candi maupun petirtaan dari periode Hindu-Buddha di Jawa Timur.

Untuk mencapai puncak gunung ini jalur tempuh yg paling populer dan gampang bisa engkau jalani yaitu lewat Tami Ajeng. Dengan saat pendakian 4 jam, kamu sudah hingga pada Puncak Bayangan di mana engkau bisa mendirikan tenda.

6. Gunung Raung

A Photo by @ivanhandoyo Via Instagram

Ketinggian: 3.332 MDPL

Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yg terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, daerah gunung Ini termasuk pada pada tiga wilayah kabupaten yaitu yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung Raung adalah gunung tertinggi keempat pada Pulau Jawa.

Kaldera Gunung Raung termasuk kawah kemarau paling besar di Pulau Jawa & terbesar ke 2 pada Negara Indonesia, Dilihat berdasarkan vegetasinya, Gunung Raung memunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, & hutan Ericaceous atau hutan gunung. Pendakian kepuncak gunung ini kamu wajib menempuh jeda kurang lebih 17 km melalui medan yg sebagian besar berupa bebatuan terjal selama lebih kurang 6 hari.

7. Gunung Suket

A Photo by @nitamata Via Instagram

Ketinggian: dua.950 MDPL

Gunung Suket adalah sebuah Gunung yang berada di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Suket ini berada di wilayah Asia.

8. Gunung Argopuro

A photo by @diopramudya via instagram

Ketinggian: 3.088 MDPL

Gunung Argopuro adalah sebuah gunung berapi  yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Terdapat beberapa puncak yang dipunyai oleh gunung ini. Puncak yang paling terkenal bernama Puncak Rengganis Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak sekitar 200 meter di arah selatan Puncak Rengganis.

Selain estetika puncaknya kalian pula mampu menikmati estetika padang sabana bernama Cikasur. Satwa-satwa liar misalnya rusa, merak, dan babi hutan pula mampu menggunakan gampang engkau tempui sepanjang jalur pendakian digunung ini.

9. Gunung Lawu

A  photo by @adisyah_reza via instagram

Ketinggian: tiga.265 MDPL

Gunung Lawu terletak pada Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya pada perbatasan Provinsi Jawa Tengah & Jawa Timur. Gunung Lawu terletak pada antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur yg statusnya merupakan istirahat. Gunung Lawu mempunyai 3 puncak yaitu Puncak Hargo Dumiling, Hargo Dalem, dan Hargo Dumilah.

Pada lereng gunung ini terdapat sejumlah loka yang populer menjadi tujuan wisata, terutama pada wilayah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Gunung ini adalah salah satu tujuan ziarah terutama pada bulan Suro.

10. Gunung Semeru

A photo by @pendakilampung via instagram

Ketinggian: tiga.676 MDPL

Gunung Semeru  adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru adalah gunung paling tinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut.

Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci  dan Gunung Rinjani . Diperlukan waktu sekitar dua hari untuk mendaki puncak gunung Semeru. Untuk mendaki gunung dapat ditempuh lewat kota Malang atau Lumajang.

Gunung ini tetrmasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pada Taman Nasional ini terdapat pegunungan dan lembah seluas 50.273,3 Hektar. Flora yang terdapat di wilayah Gunung Semeru sangatlah beragam jenisnya tetapi banyak didominasi oleh pohon cemara, akasia, pinus, dan jenis Jamuju . Sedangkan  fauna yang menghuni gunung Semeru antara lain : macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dll.

11. Gunung Butak

 A photo by @temanggungku via instagram

Ketinggian: dua.868 MDPL

Gunung Butak adalah gunung stratovolcano yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Butak mungkin memiliki ketinggian yang cukup ideal untuk didaki. Karena masih minimnya informasi yang tersedia,  masih jarang pendaki yang memilih gunung ini sebagai target pendakian mereka. Padahal pemandangan yang disediakan gunung ini tidak kalah indah yaitu kita bisa melihat puncak Mahameru , Arjuno maupun Welirang.

12. Gunung Baluran

A photo by @farisrosul via instagram

Ketinggian: 1247 MDPL

Gunung Baluran adalah sebuah gunung di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini merupakan gunung dengan letak paling timur di Pulau Jawa serta berada di dalam bagian kawasan Taman Nasional Baluran dengan luas 12.000 hektar yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo Jawa Timur. Di Taman Nasional Baluran ini terdapat banyak koleksi flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah sehingga tidak boleh diburu secara liar.

13. Gunung Panderman

A photo by @rhagil_s_a via instagram

Ketinggian: 2045 MDPL

Gunung Panderman merupakan sebuah gunung yang letaknya di Kota Batu Malang dengan puncak bernama Basundara. Gunung Panderman termasuk tempat wisata yang cocok bagi anda yang suka melakukan pendakian.

Untuk sampai ke puncak anda hanya membutuhkan waktu 2-3 jam dengan berjalan dan 30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.  Dijalur pendakian juga terdapat pos Latar Ombo yang berada di ketinggian 1604 mdpl. Tempat ini sering digunakan untuk camping para pendaki.

14. Gunung Welirang

A photo by @fikri.m.r via instagram

Ketinggian: tiga.156 MDPL

Gunung Welirang merupakan gunung berapi aktif yang secara administratifnya terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Kata welirang yang merupakan nama gunung ini dalam bahasa Jawa berarti belerang.

Di sekujur lerengnya ditumbuhi tetumbuhan kawasan hutan Dipterocarpaceae Bukit, hutan Dipterocarpacea Atas,  hutan gunung dan hutan Montane. Untuk Jalur pendakian bisa melalui Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Juga terdapat tumbuhan endemik dengan nama lokal  manis rejo didaerah  bagian sekitar puncak.

15. Gunung Wilis

Sumber: ngliman.com

Ketinggian: 2.169 MDPL

Gunung Wilis adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Wilis termasuk dalam wilayah enam kabupaten yaitu Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Kediri.

Beberapa wisata favorit dari gunung Wilis yaitu  Air Terjun Ironggolo, Air Terjun Dholo yang terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Selain itu juga terdapat Gereja Pohsarang serta Gua Maria Pohsnal yang ada diggunung wilis arang yang terletak di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Untuk menuju puncak  dari arah selatan Gunung Wilis dapat dilakukan proses pendakian dari Kecamatan Sendang. Apabila ingin mencapai Gunung Wilis dari arah bagian utara, proses pendakian dapat kita mulai dari Kabupaten Nganjuk, untuk dari arah barat, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Ponorogo atau Kabupaten Madiun Pendakian Gunung Wilis , terakhir dari arah timur dapat dimulai melalui Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Mojo.

16.Gunung Lemongan

A photo by@bryanp_48 via instagram

Ketinggian:  1.651 MDPL

Gunung Lemongan adalah sebuah gunung berapi tipe maar, di Jawa Timur. Gunung Lemongan termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Lumajang dan juga Probolinggo. Gunung Lemongan memiliki 60 puncak. Yang saat ini aktif terletak 650 meter di sebelah barat daya puncak Tarub.

17.Gunung Batok

A photo [email protected]_trip via instagram

Ketinggian: 1.651 MDPL

Gunung Batok adalah sebuah gunung yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung berada di antara empat wilayah kabupaten, yakni  Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang. Gunung ini merupakan salah satu gunung mati atau tidak aktif dengan letak di kawasan pegunungan Tengger. Gunung Batok termasuk bagian dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Mungkin ini sedikit berita yang dapat aku informasikan buat teman sekalian jadikan pertimbangan bila ada yang ingin mendaki & menikmati alam yg ada pada Jawa Timur. Silahkan menuliskan kritik dan tambahan pada kolom komentar.

Semoga berguna.

No comments:
Write comments