Monday, July 20, 2020

7 Kuliner Kota Batam yang Menggugah Selera

Kuliner Khas Batam - Batam adalah kota yang letaknya di Provinsi Kepulauan Riau. Letak kota ini sangatlah berdekatan dengan negara Singapura. Jika anda pecinta kuliner maka tidak salahnya jika anda mencoba makanan khas dari kota Batam ini, karena makanan dari kota ini tidak kalah enaknya dari kota-kota terkenal lainnya. Berikut saya akan informasikan 7 makanan khas Batam yang menggugah selera.

1. Luti gendang

a photo by @kopicemeng via instagram

Luti gendang adalah salah satu kuliner khas Batam. Luti gendang merupakan jenis makanan yg diisi menggunakan ikan yg dimasak dengan bumbu-bumbu eksklusif, selain Luti gendang kuliner ini dikenal menggunakan nama roti goreng isi ikan. Makanan yang satu ini sangat pas jika ditemani dengan minum kopi ataupun teh. Anda nir perlu repot-repot buat mencari kue ini lantaran banyak pedagang kaki 5 yang berjualan di pinggir jalan. Saran aku kue ini harus dimakan pada keadaan hangat agar lebih lezat .

2. Bingka bakar

a photo by @vee_____kirana via instagram

Bingka bakar sebenarnya asal berdasarkan Kerajaan Melayu, akan namun kudapan manis ini menjadi makanan spesial Batam & poly dijual Kota Batam. Di kota tersebut bingka bakar memiliki poly rasa misalnya cokla,t strawberry, pandan, keju juga wijen. Hal inilah yang membuat bingka bakar patut Anda coba lantaran dengan kelezatannya yg akan memanjakan pengecap anda.

3. Mie sagu

a photo by @betakwok via instagram

Makanan khas kota batang berikut adalah adalah mie sagu. Jika biasanya sagu digunakan untuk membuat kue, maka pada kali ini sagu digunakan sebagai bahan pokok untuk membuat mie, mie  sagu terbilang lebih unik daripada yang lainnya karena ukurannya lebih besar dari pada umumnya serta mie ini memiliki aroma sagu yang sangat kuat.

4. Mie lendir

a photo by @indria_muliani via instagram

apabila Anda melihatnya secara sekilas mie lendir mirip dengan mie mixer spesial Aceh, perbedaannya kuah dari mie lendir terbuat dari kacang tanah & ubi jalar. Mie lendir umumnya tersaji bersama udang, cabai, bawang goreng, taoge & ayam. Selain itu bila anda mencicipi kuliner ini anda akan mencicipi kombinasi rasa yg pedas, legit & lezat .

Anda jangan khawatir apabila tidak menemukan kuliner ini bila berada pada Batam karena banyak pedagang kaki lima yg menjual kuliner ini, selain itu harga menurut kuliner ini relatif terjangkau sebagai akibatnya tidak akan menguras isi dompet anda.

Lima. Mie tarempa

a photo by @devi_dianora via instagram

Kota Batam tidak hanya memiliki mie lendir tetapi juga ada mie tarempa, mie tarempa memiliki bentuk yang unik karena agak lebar. Mie tarempa di masak dengan bahan dan rempah yang mirip seperti membuat  mie goreng biasa, selain itu mie tarempa memiliki hal yang spesial karena dibarengi dengan penaburan toping diatasnya. Mie tarempa dapat ditambahkan suwiran ikan tongkol atau tambahan siput yang menjadikan makanan ini bertambah lezat dan memanjakan lidah anda.

6. Kek pisang villa

a photo by @najmina_zain via instagram

Kue ini merupakan kue yang bahan utamanya adalah pisang, misalnya yg kita ketahui pisang memiliki manfaat yg luar biasa bagi kesehatan ditambah lagi bila kita menciptakan kue dari pisang, selain menerima manfaat kesehatan pula mendapatkan rasa yang enak Untuk penyajian kue ini pula dilengkapi dengan toping seperti kacang, keju ataupun coklat. Untuk pemasaran ku ini banyak dijual pada toko-toko dan tersebar luas pada Kota Batam jadi nir akan kesulitan apabila ingin merasakan kue yang satu ini.

7.Gong-Gong

a photo by @kristinadwi via instagram

Makanan terakhir yg aku informasikan untuk anda adalah gonggong yakni sejenis siput laut yang diolah menggunakan direbus atau ditumis memakai bumbu spesifik. Jika anda ingin menikmati kuliner spesial kota Batam satu ini maka anda akan mengeluarkan uang sebanyak Rp.25.000 sampai Rp.50.000, harga ini terbilang cukup murah untuk sajian yang lezat dan nikmat.

Itulah 7 makanan khas batam yang  saya infomasikan untuk anda. Jika ada masukan tentang makanan khas batam lainnya, silahkan isi di kolom komentar.

Semoga Bermanfaat.

No comments:
Write comments