Monday, July 27, 2020

Seputar Rusa Sambar di Penangkaran Mendalo Tahun 2017

Penangkaran Rusa Mendalo - Penangkaran Satwa Rusa Sambar (Cervus unicolor) dengan luasan kurang lebih 1 Ha ini terletak di Desa Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Pada Penangkaran Tersebut terdapat 6 ekor Rusa Sambar (Cervus unicolor) terdiri dari 2 rusa jantan dewasa, 2 ekor rusa betina dewasa, 1 ekor rusa jantan remaja dan 1 ekor rusa jantan anak. Untuk lebih lengkapnya saya informasikan dibawah ini.

1. Jumlah Rusa Sambar

Jumlah Rusa Jantan dan Betina ketika pertama kali ditangkarkan tahun 2000 hanya terdapat dua ekor & pada tahun 2003 sebagai 3 ekor karena adanya kelahiran 1 anak rusa. Pada tahun 2017 Jumlah Rusa Sambar (Cervus unicolor) didapati 4 ekor jantan dan 2 ekor betina, yg terdiri berdasarkan 4 ekor Rusa dewasa (2 ekor rusa jantan dan dua rusa betina) , 1 ekor rusa jantan remaja dan 1 ekor rusa jantan anak. Sejak tahun 2000-2017 terdapat 8 ekor rusa mengalami kematian dikarenakan kontak fisik antar sesama rusa. Dan tiga ekor rusa lainnya terdapat juga yang dipindahkan ke Taman Rimba.

2. Struktur Umur dan Nisbah Kelamin

Struktur umur Rusa Sambar (Cervus unicolor), buat yang betina berkisar 6 tahun . Sedangkan buat umur Rusa Sambar (Cervus unicolor) jantannya berkisar 6 tahun (dewasa), 4 tahun (remaja) dan 1 tahun (anakan) yg terdiri menurut dewasa, remaja dan anakan. Perbandingan kelamin (nisbah) jantan dan betina dalam Rusa Sambar yg ada di Penangkaran yaitu 4:2 atau 2:1. Pada Rusa Sambar (Cervus unicolor) jantan mempunyai tanduk sedangkan dalam Rusa Sambar (Cervus unicolor) betina nir memiliki akan namun terdapat pula rusa jantan yang nir memiliki tanduk karena ranggahnya yg tanggal.

Tiga. Kondisi Kesehatan Rusa Sambar

Kondisi Rusa Sambar yang berada di Penangkaran tersebut, berdasarkan 6 ekor semuanya memiliki kondisi yang normal, akan tetapi ada beberapa ekor rusa yang kurus yaitu rusa jantan dewasa & anak. Dari ciri-karakteristik fisiknya dapat juga dipandang pula apakah rusanya sakit atau sehat. Untuk yang sehat biasanya ruas tulang iganya lebih menonjol & pula bulunya yang mengkilat juga dicermati menurut konduite rusa tersebut dimana gerakannya lincah, nafsu makannnya bertenaga & tidak pilih-pilih kuliner. Penangkaran Rusa Sambar (Cervus unicolor) tadi setiap hari selalu diberikan pakan tiga kali pada sehari. Dari data yang sudah didapatkan rusa sambar yang mengalami kematian dipenangkaran tersebut mengalami beberapa macam penyakit seperti kembung dan pula mencret.

4. Perkembangan Penangkaran Rusa Sambar

Kondisi mengenai perkembangan Rusa Sambar (Cervus unicolor) yg terdapat dalam penangkaran tadi relatif baik. Walaupun ada perbedaan yang signifikan antara rusa yang hidup di daerah asal aslinya dibandingkan dengan rusa yang berada dipenangkaran. Pada penangkaran rusa akan lebih mudah dikendalikan walau nir dapat sepenuhnya dihilangkan sifat liarnya. Hal ini disebabkan karena hadiah pakan yang dilakukan setiap hari, dimana alaminya rusa seharusnya mencari pakan sendiri saat dialam liar, hal tadi memungkinkan berdampak pada hilangnya kelincahan dan kegesitan rusa. Tidak adanya predator pada penangkaran pula menjadi penyebab perbedaan perkembangan rusa antara habitat alaminya menggunakan penangkaran dan hal ini pula terjadi pada penangkaran mendalo.

Itulah informasi yang aku sampaikan seputar rusa sambar di penangkaran mendalo. Informasin ini aku dapatkan dari pengamatan langsung dilapangan dan melakukan interview pada pengelola penangkaran tadi. Semoga artikel ini dapat menjadi acum bagi teman-teman sekalian yg ingin mengetahui tentang penangkaran tadi.

No comments:
Write comments